gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Jumat, 02 Juli 2010

rd gw: PNM AS lumayan ... 020710

Kamis, 01/07/2010 18:17:10 WIB
Reksa dana PNM raih peringkat A-
Oleh: Arif Gunawan S.
JAKARTA (Bisnis.com): PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan peringkat kualitas kredit produk reksa dana PNM Amanah Syariah pada level A-. Produk tersebut dikeluarkan oleh PT PNM Investment Managament.

Analis Pefindo Yulia Ansari dan Dimas Aditya mengatakan peringkat itu ditetapkan berdasarkan portofolio dana perseroan per 31 Mei 2010, yang merefleksikan aset yang mendasari reksa dana itu memiliki perlindungan yang cukup terhadap kerugian dan kemungkinan gagal bayar kredit.

“Portofolio dana perseroan didominasi aset-aset investasi yang memiliki peringkat AA, dengan kontribusi sebesar 28% dari total portofolio kelolaan investasi mereka,” tutur keduanya dalam keterangan resmi hari ini.

Investasi berperingkat di bawah A, lanjutnya, hanya menyumbang 19,4% dari total portofolio dan surat utang negara (SUN) yang masuk dalam pemeringkatan AAA menyumbang 21,3% dari total portofolio aset investasi reksa dana tersebut.

Meski Pefindo tidak memeringkat surat berharga pemerintah, namun kedua analis tersebut percaya instrumen negara teresbut memiliki kualitas kredit terkuat di antara instrumen surat utang di pasar modal Indonesia.

“Oleh karena itu, Pefindo mengasumsikan SUN memiliki peringkat AAA,” ujar Yulia dan Dimas.

PNM Investment Management adalah perusahaan pengelola aset yang 99% sahamnya dimiliki PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Badan usaha milik negara ini bergerak di pengembangan perusahaan mikro, kecil dan menengah, serta koperasi. (htr)

Tidak ada komentar: