gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Kamis, 22 April 2010

LOKAL tidak kalah, cuma kadang2 SULIT DIPERCAYAI ... 220410

Bapepam, manajer investasi lokal tidak kalah
Kamis, 22/04/2010 21:11:45 WIBOleh: Irvin Avriano A.

JAKARTA (Bisnis.com): Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) tidak mengkhawatirkan manajer investasi lokal akan kalah di dalam persaingan dengan manajer investasi (MI) asing dalam program penyatuan bursa regional.
Ketua Bapepam-LK Ahmad Fuad Rahmany mengatakan adanya Asean linkage pada 2012 dan Asean Economic Community (AEC) pada 2015 tidak akan membuat MI lokal kalah bersaing dengan MI asing, meskipun kalah dalam jumlah varian produk investasi.
"Kita tidak akan kalah, karena kita main aman. Semakin banyak varian produk justru rentan. Lihat saja AS, pasar modal mereka jatuh karena varian produk investasinya terlalu banyak,” ujarnya kepada pers di Gedung Bapepam-LK sore ini.
Dia mengatakan dengan ‘permainan aman’ yang diterapkan otoritas pasar modal, maka investor dapat memilih produk dari MI lokal yang terbukti lebih aman dan akan memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk MI asing yang lebih berisiko.
Saat ini produk investasi yang telah diterbitkan MI lokal baru memiliki varian ETF, terproteksi, dan indeks, dan belum memanfaatkan porsi efek dari bursa luar negeri asing menjadi portofolio. Pembatasan efek luar negeri itu semakin ketat ketika kasus efek derivatif instrumen pasar uang mencuat pada 2008.(msb)

Tidak ada komentar: