gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Sabtu, 18 Desember 2010

RD mandiri

Industri Reksa Dana Butuh Kreativitas
Tribunnews.com - Rabu, 15 Desember 2010 11:01 WIB

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA - Untuk bertahan hidup dan menghasilkan laba, perusahaan pengelola investasi wajib memiliki kreativitas tinggi dalam menerbitkan produk-produk reksa dana unggulannya.

Setiap produk reksa dana harus sudah siap diterbitkan ke pasar sebelum produk reksa dana terdahulu jatuh tempo, sehingga investor tidak lari ke perusahaan pengelola investasi yang lain.

Demikian tips yang diungkapkan Direktur PT Mandiri Manajemen Investasi (lebih dikenal Mandiri Investasi) Andreas Muljadi Gunawidjaja di Singapura, Rabu (15/12/2010) saat diminta pendapatnya tentang tantangan industri reksa dana ke depan.

Menurut Andreas, Mandiri Investasi mencatatkan dana kelolaan senilai Rp 17,05 triliun yang diinvestasikan pada produk reksa dana.

Sebagian besar produk reksa dana yang diterbitkan adalah produk reksa dana terproteksi dengan nilai Rp 11,2 triliun. Lalu disusul produk reksa dana pasar uang senilai Rp 3,2 triliun; reksa dana saham sebesar Rp 1,4 triliun; reksa dana pendapatan tetap Rp 1 triliun; dan reksa dana campuran Rp 263 miliar.

"Total dana kelolaan reksa dana di seluruh industri saat ini sudah mencapai Rp 140,09 triliun. Ini sudah bagus karena terus tumbuh sekitar 20,5 persen dibandingkan posisi Desember 2009. Namun, ini dipelihara dengan kreativitas," ungkapnya.

Sebagai gambaran, nama-nama produk reksa dana yang saat ini telah diterbitkan Mandiri Investasi antara lain adalah Reksa Dana Mandiri Investa Pasar Uang (MPU) pada kelompok reksa dana pasar uang.

Adapun pada kelompok reksa dana pendapatan tetap terdapat produk investasi Reksa Dana Mandiri Investa Dana Utama (MIDU), Reksa Dana Mandiri Investa Dana Obligasi Seri II (MIDO II), Reksa Dana Mandiri Investa Keluarga (MI-Keluarga), dan Reksa Dana Mandiri Investa Dana Syariah (MIdSya).

Sementara pada kelompok reksa dana pendapatan tetap berdenominasi dollar AS terdapat produk Reksa Dana Investa Dana Dollar Mandiri (IDAMAN). Ada juga reksa dana campuran, yakni Reksa Dana Mandiri Investa Aktif (MIA). Selain itu ada pula reksa dana campuran syariah yakni produk Reksa Dana Mandiri Investa Syariah Berimbang (MISB).

Khusus untuk reksa dana saham, Mandiri Investasi juga menerbitkan Reksa Dana Mandiri Investa Atraktif (MITRA), dan Mandiri Investa UGM (Mandiri Investa UGM). Terakhir adalah kelompok Reksa Dana Saham Syariah.

Editor: Anwar Sadat Guna | Sumber: Kompas.com

Tidak ada komentar: