gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Jumat, 24 Juli 2009

saat di puncak, ati2 bo

Investasi Jamsostek Kembali Positif
Kamis, 23 Juli 2009 | 20:01 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - PT Jamsostek mencatat unrealize gain atau keuntungan secara nilai dari portofolio saham dan reksadana termasuk obligasi Rp 2 triliun per 30 Juni 2009. Padahal, pada akhir 2008 sempat membukukan unrealize loss atau kerugian nilai dengan nominal hampir sama.

Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan kenaikan nilai investasi itu didorong perkembangan harga yang terjadi di bursa saham. "Setelah sempat mengalami penyusutan yang besar, portofolio saham yang dimiliki perseroan mengalami peningkatan dengan waktu hanya enam bulan," kata Hotbonar di Jakarta, Rabu (22/7) malam.

Dia menjelaskan, meskipun pada tahun lalu portofolio Jamsostek negatif, namun perseroan tidak menjual karena solvabilitas masih kuat. Menurut dia, portofolio saham dan reksadana merupakan 20 persen dari total investasi Jamsostek yang mencapai Rp 73 triliun. Komposisinya sebesar 12 persen di saham dan 8 persen di reksadana. Sedangkan, sebesar 30 persen atau Rp 21 triliun merupakan deposito dan sisanya di obligasi, dimana 80 persen diantaranya merupakan obligasi negara seperti SUN.

Hotbonar optimistis target hasil investasi tahun ini yang dipatok sebesar Rp 6,2 triliun bisa tercapai. Pasalnya, hingga akhir semester pertama 2009 sudah tercapai 68 persen dari target atau sekitar Rp 4,21 triliun. Dia juga yakin target keuntungan bersih sebesar Rp 1,12 triliun tahun ini akan terlampaui.

EKO NOPIANSYAH

Tidak ada komentar: