gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Senin, 07 September 2009

reksa dana dengan proteksi RIIL

EKONOMI
07/09/2009 - 15:18
Ranking Kredit Batavia Asset Management Jadi 'idAAAf'
Susan Silaban

INILAH.COM, Jakarta - Pefindo menaikkan peringkat kualitas kredit (credit quality rating) untuk reksadana pasar uang Si Dana Kas Maxima yang dikelola Batavia Prosperindo Aset Manajemen dari 'idAAf' menjadi 'idAAAf'.

Demikian penjelasan rilis Pefindo di Jakarta Senin (7/9). Peringkat tersebut mencerminakan underlying asset dari Reksadana tersebut memebrikan proteksi paling kuat terhadap kerugian yang terjadi dari kemungkinan gagal bayat aset-aset tersebut. Peringkat tersebut berdasarkan portofolio Reksadana per 31 Juli 2009.

Peningkatan peringkat didukung oleh penruunan porsi penempatan kas pada Bank dengan peringkat di bawah kategori A berdasarkan penilaian Pefindo dari 24,4% di Juni 2009 menjadi 10,4% pada Juli 2009.

Pada saat yang sama, porsi asset dengan kategori peringkat AA dan A meningkat masing-masing dari 18,2% dan 20,9% menjadi 27,7% dan 26,0%. Aset dengan kategori peringkat AAA tetap mendominasi portofolio Reksadana dengan proporsi Reksadana dengan proporsi sebesar 36,2%. Obligasi pemerintah Indoensia, termasuk dalam porsi katregori AAA memberikan kontribusi 30% dari total portofolio.

Walaupun Pefindo tidak memberikan peringkat obligasi pemerintah, Pefindo yakin bahwa obligasi pemerintah memiliki kualitas kredit paling kuat diantara instrumen obligasi yang diterbitkan di Indonesia. Oleh karena itu, Pefindo menilai obligasi pemerintah Indonesia peringkat AAA. [san/hid]

Tidak ada komentar: