gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Minggu, 27 September 2009

2 jenis DIVA reksadana 2010

27/09/2009 - 08:00
Reksadana Saham Pilihan Investor Hingga 2010
Agustina Melani
INILAH.COM, Jakarta - Diperkirakan pada 2009 hingga 2010 produk reksadana saham dan terproteksi akan menjadi pilihan investor.

Hal itu disampaikan analis dari PT Infovesta Utama Wawan Hendrayana, saat dihubungi INILAH.COM, Sabtu (26/9). Wawan mengatakan reksadana saham tahun ini hingga 2010 memiliki prospek cukup cerah. Wawan meramal indeks saham menuju level 2.500 hingga 2.600 hingga akhir tahun ini.

Hal ini dikarenakan indeks relatif nasik tinggi dari awal tahun mencapai 80 %. "Kondisi ekonomi membaik, BI Rate turun, dan kredit mulai dikucurkan sehingga sektor riil mulai jalan.Indeks saham akan berpotensi naik, serta reksadana saham berprospek cerah," tutur Wawan.

Menurutnya, reksadana terproteksi dan reksadana saham akan tetap menjadi fokus investor tahun ini hingga 2010. Suku bunga turun membuat pihak yang menaruh dana di deposito melirik reksadana terproteksi. Wawan mengatakan bila investor mengunci dana di reksadana terproteksi dalam jangka waktu 2 hingga 3 tahun bisa mendapatkan keuntungan 10% hingga 12 % lebih tinggi dari deposito.

"Bank akan tertarik untuk menjual reksadana terproteksi karena mendapat fee dari penjualan, ditambah tahun ini banyak pihak menerbitkan obligasi dan pemerintah menerbitkan surat utang negara (SUN). Obligasi dan SUN termasuk bahan bakar reksadana terproteksi," jelas Wawan.

Beberapa waktu lalu, Direktur PT Schroder Invesment Managemen Indonesia, Michael Tjoajadi mengatakan industri reksadana akan tumbuh sekitar 20% hingga 25% tahun depan. Hal ini mengingat indeks saham kembali berpotensi menguat. Hingga akhir tahun dana kelolaan reksadana bisa mencapai Rp 100,3 triliun.

Namun, industri reksadana menghadapi masalah bila instrumen investasi terbatas. Michael mengatakan banyak investor mulai melirik reksadana tetapi supply instrumen investasi terbatas. "Saat ini penawaran saham umum perdana banyak tetapi emiten kecil sedangkan industri reksadana melirik emiten besar," tutur Michael saat itu.

Wawan menyarankan investor yang berinvestasi di reksadana saham dan terproteksi mempunyai tujuan dan target keuntungan. Menurutnya, investor yang menanamkan dana di reksadana sebaiknya menggunakan dana yang bukan digunakan sehari-hari. "Untuk reksadana terpoteksi sebaiknya investor siap mengunci dana di reksadana dalam jangka waktu 3 tahun untuk mendapatkan keuntungan,"ujar Wawan.

Ia menambahkan, reksadana saham termasuk investasi jangka panjang. Tetapi investor bisa merealisasikan keuntungan dengan memiliki target. Wawan mencontohkan bila investor sudah menargetkan mendapatkan keuntungan reksadana saham sekitar 20% hingga 30 % sebaiknya segera merealisasikan keuntungan tersebut. Lalu, keuntungan tersebut bisa ditaruh di tempat yang aman. [cms]

Tidak ada komentar: