gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Selasa, 13 Oktober 2009

dapen LUPA reksa dana ...

Senin, 12/10/2009 20:05 WIB
Investasi dapen Mitra Krakatau terbesar di deposito
oleh : M. Tahir Saleh

Cetak Kirim ke Teman Komentar
JAKARTA (Bisnis.com): Dana Pensiun Mitra Krakatau mempertahankan deposito sebagai salah satu portofolio investasi terbesar meskipun suku bunga patokan BI Rate sudah diturunkan pada level rendah 6,5%.

Direktur Investasi Dapen Mitra Krakatau Erli John mengatakan dalam arahan investasi yang diberikan oleh pendiri, investasi pada portofolio deposito menjadi yang terbesar bersama dengan surat utang atau obligasi. Besaran keduanya masing-masing 30%.

"Bertahannya deposito lebih dilatari oleh kebutuhan likuiditas bagi kami guna membayar pensiunan setiap bulannya," katanya kepada Bisnis.com, hari ini.

Dia mengatakan meski dari sisi imbal hasil tipis karena suku bunga deposito turun mengikuti BI Rate, investasi pada portofolio deposito masih menjadi pilihan dana pensiun termasuk Dapen Mitra Krakatau.

"Tidak hanya kami, sebagian besar dana pensiun lain juga masih mempertahankan deposito karena kebutuhan atas likuiditas."

Adapun investasi terbesar lainnya dari dapen yang belum lama ini menyabet peringkat ketiga Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Award 2009 untuk kategori Dana Pensiun Pemberi Kerja-Program Pensiun Iuran Pasti dengan aktiva bersih di bawah Rp100 miliar ini ialah obligasi sebesar 30%.

Erli mengatakan investasi pada saham sudah mencapai 20%, limit maksimal dari regulasi, sehingga belum ada rencana lain meski harga saham sudah meningkat dibandingkan dengan sebelumnya.(yn)

... sekedar mengingatkan : reksa dana pasar uang dengan portofolio deposito, reksa dana pendapatan tetap dengan portofolio obligasi, reksa dana saham dengan portofolio saham dan reksa dana campuran dengan portofolio campuran deposito, obligasi, dan saham ...

Tidak ada komentar: