gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Minggu, 21 Juli 2013

INVES 1 juta PERBULAN @ SCHRODER dana ISTIMEWA dalam 5 TAHUN terakhir

lanjutan skenario investasi 1 juta per bulan @ RIKA, jika beliau beneran berinvestasi per tgl 19 Juli 2013:

maseh bwat RIKA, jika beliau beneran berinvestasi:

ini catatan gw atas KEINGINAN seseorang calon investor bernama Rika:

asumsi investor:
1. DISIPLIN inves Rp. 1 Juta per bulan pada Schroder Dana Istimewa
2. DISIPLIN inves selama 5 TAHUN pada SDI
3. DISIPLIN mengABAIkan semua INFORMASI, baik yang BURUK mau pun yang BAIK
4. DISIPLIN MENYISIHKAN RP. 1 Juta PER BULAN guna INVESTASI REKSA DANA SAHAM ini
... catatan penting: pada th 2008 TELAH TERJADI KRISIS FINANSIAL GLOBAL akibat kehancuran sistem SUBPRIME MORTGAGE amrik
... justru saat krisis itu, JUMLAH UNIT PENYERTAAN JADI MENINGKAT per kali inves per bulannya :)
... UNIT PENYERTAAN LEBE GEDE berarti NILAI ASET TOTAL MENINGKAT LEBE CEPAT menjadi LEBE GEDE
... nilai aset total yang meningkat lebe cepat terjadi karena 2 FAKTOR: efek BUNGA MAJEMUK dan efek PEMBELIAN REKSA DANA YANG LEBE MURAH
SISTEM BELI seperti ini disebut sebagai DOLLAR AVERAGING COST; secara rerata, selalu beli pada NILAI MODAL YANG TETAP SESUAI KEMAMPUAN dan EKSPEKTASI JANGKA PANJANG
KEUNGGULAN SISTEM dollar averaging cost adalah MODAL INVESTASI DISESUAIKAN dengan PENYISIHAN MODAL pada KARYAWAN KELAS MENENGAH yang berGAJI MENENGAH
yang menarik jika % potential gain diukur berdasarkan selisih NAB paling akhir dan NAB paling awal maka % POTENTIAL GAIN tersebut = +101.40%
pertanyaannya adalah: apakah MODAL SEBESAR Rp. 60 Juta sudah siap pada awalnya? LALU KETIKA TERJADI FLUKTUASI NAB saat2 tertentu yang cukup besar, apa INVESTOR BERUSAHA INGIN TAHU LALU SIAP UNTUK TETAP DISIPLIN MENGINVESTASIKANNYA? well, menurut pengalaman gw, LEBE BANYAK INVESTOR AKHIRNYA MENYERAH, dan BURU-BURU KELUAR dari investasi, walau pun LABA MASEH JAUH DARI ekspektasi
up2U lah :)
terima kasih bwat RIKA, saya uda koreksi pada tabel di atas ini, tapi pada posting2 akselerasi gw ga koreksi, ANGGAP LAH KOREKSI SUDAH BERLAKU PADA SEMUA TABEL yang sejenis ini, trims AGAIN :)

2 komentar:

Rika Willy mengatakan...

koreksi tabelnya pak..

1 tahun terakhir harusnya tahunnya 2012.

btw, terimakasih infonya.

saya sedang memulai nih.

salam,
Rika

Ekonomi Takserius mengatakan...

Hi Rika, setelah lebe dari 7 bulan, gw UKUR imbal hasil yang anda PEROLEH, sejak mulai bereksadana, maka jika pake RD SCHRODER DANA ISTIMEWA, kira-kira anda SUDAH MEMPEROLEH : 11% an ... liat penjelasan dalam posting ini