gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Selasa, 23 Maret 2010

kalo ihsg naek, RDS jelas bergigi ... 230310

11 Reksa dana terbuka diterbitkan bulan ini
Rabu, 17/03/2010 19:43:23 WIBOleh: Irvin Avriano A.

JAKARTA (Bisnis.com): Penerbitan reksa dana terbuka (open ended fund) hingga bulan ini sebanyak 11 produk lebih besar dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu mengingat potensi pergerakan pasar modal yang positif.

Data Bapepam-LK menunjukkan hingga Maret, penerbitan reksa dana terbuka tahun ini masih lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah enam produk.

Dari 11 produk itu, sebanyak empat produk merupakan reksa dana campuran. Sisanya yaitu tiga reksa dana saham, dua reksa dana pasar uang, dan dua reksa dana pendapatan tetap.

Analis Riset PT Infovesta Utama Dewi Fajar Mayang Sari mengatakan reksa dana saham masih menarik bagi investor yang ingin memanfaatkan voloatilitas pasar modal yang mulai terjadi tahun ini.

"Kalau profil risikonya investor itu tinggi dan horizon investasinya panjang, dia akan tertarik dengan kondisi pasar yang berpotensi menguat, dan akhirnya memilih reksa dana saham,” ujarnya ketika dihubungi sore ini.

Dia menilai meskipun pemilihan jenis produk masih tergantung horizon dan risiko investasinya, peluang penerbitan reksa dana saham baru masih cukup besar bagi para MI, sehingga penerbitan baru juga masih dibutuhkan.

Data yang sama masih menunjukkan reksa dana terproteksi, yang sifatnya tertutup, masih mendominasi penerbitan reksa dana, meskipun jumlah tahun lalu lebih banyak dibandingkan dengan periode yang sama tahun ini.

Penerbitan obligasi terproteksi tahun lalu dicatatkan sebanyak 25 produk, sedangkan tahun ini hanya sebanyak 16 produk.

"Terutama untuk produk yang berbasis SUN atau produk obligasi korporasi yang jatuh tempo, penerbitan obligasi terproteksi masih akan menjadi pilihan bagi investor yang ingin bermain aman dan tidak ingin mengambil risiko pasar yang sedang bergejolak." (wiw)

Tidak ada komentar: