gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Senin, 01 September 2014

pilih CUS atawa INVES (01/09/2014)

1. jika membeli RDS (reksa dana saham) yang NABnya TINGGI (contoh: Panin Dana Maksima @ 58286.30 per tgl 22/07/2011) maka 2 hal yang perlu disimak: secara relatif catatan kinerja NAB memang tinggi dan jumlah unit akan lebe kecil dibandingkan NAB yang rendah (contoh: 1250.74 @ Mandiri Investa Ekuitas Dinamik). Jumlah unit yang besar pada modal tertentu (contoh: Rp 300.000,- per kali beli MIED mendapat= 239.84 unit) akan diekspektasikan memberi efek akselerasi yang lebe gede jika potential gain % dalam jangka waktu tertentu lebe tinggi. Jumlah unit yang lebe tinggi memudahkan untuk melakukan redemption / penjualan kembali reksa dana pada saat dibutuhkan dan sisanya maseh cukup besar untuk diinvestasikan.
2. CUS (cari untung sesaat) memang terbukti memberikan potential gain% positif dan cukup tinggi pada jangka waktu PENDEK (simak pg% per tgl 14/10/2011), apalagi dibandingkan dengan suku bunga deposito.
3. INVES (membeli dan menyimpan RDS dalam jangka waktu panjang) ternyata lebe bagus imbal hasilnya (pg% per tgl 29 Agustus 2014 terhadap 30/09/11).
4. Keputusan CUS dan / atawa INVES memang rumit, itu sebabnya gw menyajikan sebanyak mungkin alternatif, yaitu produk RDS yang mencapai setidaknya 14 merek (brand). Yang rasional: setidaknya beli 2 merek / brand / nama RDS supaya bisa diperbandingkan antara CUS dan INVES.
5. Berpatokan pada NIAT BERINVESTASI maka RDS memang diekspektasikan untuk imbal hasil jangka panjang yang lebe gede. Investor RDS yang berprofil investor jangka panjang akan lebe mudah memahami pilihan untuk INVES lebe baek daripada untuk CUS.
6. Jika disimak sejak awal diluncurkan maka PDM (Panin Dana Maks) memang terbukti secara jangka panjang melesat paling bagus. Namun dalam jangka pendek (2011-2014) terbukti BNP PARIBAS INFRASTRUKTUR PLUS melambung melampaui tren NAB PDM. Manulife Syariah Sektoral Amanah melesat lebe bagus daripada PDM juga. Faktor Syariah semakin populer sehingga perlu dicermati dan diincar lah :)


Tidak ada komentar: