gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Minggu, 12 April 2009

reksa dana GONJANG GANJING, buy opportunities...

... seorang wakil dari manajer investasi beberapa produk reksa dana, yang gw ada, pernah gw tanya soal apakah indeks harga saham gabungan bursa saham indon akan mencapai 1500, kalo iya, apakah doi bisa memprediksikan waktunya? kedua pertanyaan itu tidak dijawab sama sekali, karena 2 alasan: tidak kompeten menjawab, dan acara tersebut tidak dalam suasana untuk menjawab soal itu ... well, sebagai pemilik produk2 reksa dana saham, gw tau dan yakin ada kaitan antara IHSG dan Nilai Aktiva Bersih (net asset value) produk reksa dana berisiko tinggi itu ... jadi, tidak salah kalo gw bertanya soal itu khan ... he3 ... rasional malah ... engga emosional asal ikut2an khan ... he3 ...

... lalu seminggu yang lalu, gw beli reksa dana saham pada saat ihsg anjlok lagi di bawah 1500 (yang gw pernah bilang batas supportnya lemah: ... ekonomi tak serius: tetaplah mencintaiku: 1500 adalah batas bawah lemah...) ... lalu gw ketemu dengan pimpinan kantor cabang penjual reksa dana itu, yang dulu menyelenggarakan pertemuan dengan wakil dari manajer investasi di atas ... doi sekarang bertanya kepada gw: berapa lagi nih, ihsg akan menjadi? ... he3 ... mestinya khan gw yang bertanya: ihsg bakal menyentuh berapa setelah berhasil naik s/d 1500? ... terpaksa sebagai investor yang cukup mumpuni dan bertanggungjawab atas produk2 reksa dana, yang gw miliki, gw jawab dah ... reluctantly... secara PANJANG LEBAR ... dari sudut mentalitas investor, perkembangan makro ekonomi, perkembangan pemilu 2009, perkembangan G20 dan ekonomi amrik, kaitan dengan keberadaan ekonomi negara tirai bambu, dan aspek teknikal tingkat ihsg tersebut ... terus terang gw ga terlalu ngoceh2 soal PER (price earning ratio: ... I am Investor: dokter cinta: dasar beli saham, (nge)PER... he3), karena gw ga terlalu liat ada kaitan langsung antara produk reksa dana saham dengan PER ... walau pun PER, kata orang2, juga faktor penentu pergerakan IHSG, tapi selama yang gw pantau ga terlalu signifikan lah ...

... berdasarkan semua itu, gw bilang ada salah satu sekuritas yang bilang secara teknikal, ihsg berpeluang menuju 1750 ... tapi gw baru berani bilang 1600 ...

... gw ga bilang kapannya, tapi gw cuma menyebutkan satu kesempatan paling bagus untuk membeli secara kontrarian adalah di bulan Agustus 2009 ... karena pada bulan itu di 3 tahun sebelumnya, 2006-2008, jelas ihsg pernah menyentuh bottom yang dalam (walau pun di 2008, bottom terdalam adalah Oktober) ... kenapa? gw sendiri juga bingung, tapi salah satu analisisnya adalah, perilaku HEDGE FUNDS di global, yaitu mencairkan sebagian besar investasinya di portofolio berisiko tinggi di seluruh dunia untuk kepentingan pembayaran investasi kepada investor (semacam dividen gitu lho) ... tapi kepala cabang bank asing yang bertanya itu tampak kebingungan juga ketika gw ungkapkan soal hedge funds itu ... he3 ... gpp... tenang aja ... emangnya doi mesti tahu semua urusan ... yang penting doi tau memanage bank itu dengan prudent ...

... lalu kapan ihsg akan bergerak signifikan? well, kalo kesamaan peristiwa pemilu 2004 bisa ditarik garis proyeksinya, maka Oktober 2009 adalah wilayah positif kuat ihsg, sehingga kemungkinan besar reksa dana berisiko tinggi akan menikmati GAIN lebih dari cukup (mungkin bisa s/d 70% terhadap bottom Oktober 2008) ... saat ini, reksa dana berbasis saham, yang pribadi punya, telah menggapai gain 40-50% (contoh produk yg gw punya: http://investasireksadanaindonesia09.blogspot.com/2009/04/gain-nab-mds-2-grafik.html
; http://investasireksadanaindonesia09.blogspot.com/2009/04/gain-nab-esy-5-month-2008-2009.html)... jadi, peluang terbuka untuk meraup gain cukup tinggi setelah pilpres tuntas, sekira 20-30% lagi ... ini termasuk prediksi realistis dengan asumsi pilpres berlangsung damai dan adil ... gimana dengan ekonomi global, kalo liat prospek di perbankan dan finansial amrik, maka HARAPAN BESAR sudah mulai terlihat: ....
I am Investor: dokter cinta: optimisme mulai menular ....

Tidak ada komentar: