gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Kamis, 11 Juni 2009

ayo buktikan dah ... AA+ itu APA SIH...

Jumat, 22/05/2009 17:01 WIB

Reksa dana Si DanaKas raih peringkat AA+

oleh : Pudji Lestari

JAKARTA (bisnis.com): PT Pefindo menegaskan peringkat AA+ untuk kualitas kredit reksa dana pasar uang Si DanaKas Maxima yang dikelola oleh Batavia Prosperindo Asset Management.



"Peringkat ini mencerminkan underlying asset [aset dasar] reksa dana memberikan proteksi yang kuat terhadap kerugian yang terjadi dan dari kemungkinan gagal bayar aset," jelas analis Pefindo Yulia Ansari dan Hendro Utomo dalam keterangannya hari ini.



Peringkat ini ditetapkan berdasarkan portofolio reksa dana per 30 April 2009. Kedua analis itu memaparkan aset dengan peringkat AA dan A tetap menjadi bagian terbesar pada portofolio reksa dana dengan porsi masing-masing sebesar 33,1% dan 30,0% dari total portofolio.



Porsi penempatan kas pada bank dengan peringkat di bawah kategori A berdasarkan penilaian Pefindo sedikit menurun dari 12,7% pada Maret 2009 menjadi 11,8% pada April 2009. Di sisi lain, penempatan pada obligasi pemerintah naik dari 9,2% menjadi 18,8% pada periode yang sama.



"Walaupun Pefindo tidak memberikan peringkat terhadap obligasi pemerintah, kami yakin obligasi pemerintah memiliki kualitas kredit paling kuat di antara instrumen obligasi yang diterbitkan di Indonesia. Oleh karena itu, Pefindo menilai obligasi pemerintah Indonesia memiliki peringkat AAA," kata mereka.



Batavia Prosperindo didirikan pada 23 Januari 1996 dengan nama PT Bira Aset Management. Pada 22 Desember 2000, Batavia Prosperindo International menjadi pemegang saham pengendali sehingga perusahaan mengubah namanya menjadi seperti sekarang ini.



Perusahaan memperoleh izin sebagai wakil manajer investasi dari Bapepam-LK pada 14 Juni 1996. Pefindo Credit Quality Rating seperti yang diberikan kepada reksa dana pasar uang Si DanaKas Maxima ini hanya mencerminkan risiko kredit dari aset dasar suatu reksa dana dan hanya berlaku untuk reksa dana yang diperingkat.



Peringkat ini bukan merupakan opini terhadap kualitas kredit dari perusahaan aset manajemen yang mengelola reksa dana, dan juga bukan rekomendasi untuk membeli, menjual, atau menahan suatu reksa dana ataupun opini mengenai harga pasar, imbal hasil maupun kinerja reksa dana di masa datang. (tw)

bisnis.com

Tidak ada komentar: