gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Rabu, 24 Februari 2010

pemeringkatan RD, wow keren ... 240210

Rabu, 24/02/2010 13:53 WIB
Pefindo Siapkan Pemeringkatan Reksa Dana
Angga Aliya ZRF - detikFinance


(foto: dok detikFinance) Jakarta - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) siap melakukan rating terhadap produk reksa dana di triwulan II-2010. Saat ini Pefindo sudah melayangkan surat kepada sekitar 15 manajer investasi mengenai rencana tersebut.

"Reksa dana yang akan kita rating yaitu reksa dana fix income dan pasar uang," kata Direktur Utama Pefindo Kahlil Rowter dalam media forum di kantornya, Atrium Setiabudi, Jalan Rasuna Said, Jakarta, Rabu (24/2/2010).

Ia mengatakan, saat ini permintaan untuk rating reksa dana ini cukup besar dan jangkauannya sangat luas, namun bisa dilakukan dengan biaya yang cukup murah.

Menurutnya, rating reksa dana tersebut akan menganalisis kualitas aset produk tersebut, bukan imbal hasilnya. Semakin banyak asetnya maka semakin tinggi rating produk reksa dananya.

Ia menambahkan, selama ini, investor hanya mengetahui bagus atau tidaknya produk reksa dana hanya dari manajer investasi dan distributor.

"Dengan adanya rating ini kan jadi lebih transparan. Investor juga punya pihak lain yang membantu penilaian sebuah produk reksa dana," imbuhnya.

Saat ini, Pefindo masih menunggu respon dari para manajer investasi yang sudah dihubungi. Kahlil mengatakan, jumlah reksa dana yang akan diperingkat akan lebih banyak jumlahnya karena dari 15 manajer investasi rata-rata memiliki lebih dari satu produk reksa dana.

Kahlil mengatakan, pihaknya juga sedang berupaya untuk melakukan fund ranking terhadap reksa dana saham dan campuran. Rencana ini sempat berjalan sebentar lalu berhenti setelah Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) menghentikan publikasi e-monitoring data emiten.

"Kita kan selalu pakai data itu, setelah dihentikan kita kesulitan sekali untuk mencari data yang valid secara cepat," imbuhnya.

Fund ranking terhadap dua reksa dana itu rencananya akan menganalisa return dan likuiditas produk tersebut.





(ang/dro)

Tidak ada komentar: