gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Senin, 03 Agustus 2009

NAB naek, saat investor REDEEM boo... (2)

Rabu, 29/07/2009 14:54 WIB

Nilai aktiva bersih reksa dana tembus Rp100 triliun

oleh : Irvin Avriano

JAKARTA (Bisnis.com): Nilai aktiva bersih (NAB) reksa dana menembus level Rp100 triliun. Angka itu merupakan rekor tertinggi baru sejak Maret 2005 dan melampaui rekor sebelumnya di posisi Rp98,14 triliun pada 22 Juli 2009.



Hal itu terungkap dalam laporan manajer investasi dan bank kustodian kepada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) hari ini.



"Sudah lewat Rp100 triliun per hari ini, bagus itu," ujar Kabiro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK Djoko Hendratto di Kompleks Departemen Keuangan, tadi pagi.



Namun, Djoko belum dapat memberikan keterangan dan data lengkap terkait dengan peningkatan dana kelolaan industri reksa dana tersebut karena harus diolah terlebih dahulu.



Data Bapepam-LK per 22 Juli menunjukkan dana kelolaan reksa dana saham sebesar Rp32 triliun masih merupakan yang terbesar di antara instrumen investasi sejenis lainnya.



Posisi reksa dana saham disusul reksa dana terproteksi sebesar Rp30 triliun, yang sempat menjadi yang tertinggi pada periode Oktober tahun lalu hingga April 2009.



Dana kelolaan reksa dana saham sempat jatuh karena terpengaruh oleh depresiasi nilai aset saham yang anjlok, seiring dengan pelemahan bursa saham dan indeks saham gabungan (IHSG) akibat ancaman resesi global akhir tahun lalu.



Peningkatan NAB juga dapat menjadi salah satu acuan semakin membaiknya kondisi pasar modal dan ekonomi di dalam negeri.(er)

bisnis.com

Tidak ada komentar: