gW suka BANGET ketidakPASTIan

gW suka BANGET ketidakPASTIan

Selasa, 24 November 2009

KPD @ RD ... ATI2 dah : high risk high gain

Senin, 23 November 2009 | 15:00

ATURAN REKSADANA

Akhir Tahun, Aturan RDPT Baru Siap Terbit



JAKARTA. Dalam waktu dekat, industri reksadana bakal memiliki aturan main baru dalam pengelolaan produk reksadana, khususnya reksadana penyertaan terbatas (RDPT). Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) berencana akan segera memberlakukan aturan baru tersebut pada akhir tahun ini.

"Mudah-mudahan aturan baru RDPT bisa segera terbit Desember 2009 nanti," ujar Djoko Hendratto, Kabiro Pengelolaan Investasi Bapepam-LK di Jakarta, Senin (23/11). Saat ini, aturan baru itu dalam proses rule making rule, di mana Bapepam sedang meminta masukan dan pendapat dari pelaku industri reksadana dari draft aturan tersebut.

Aturan baru itu berisikan revisi dari beberapa pasal Aturan Bapepam No IV.C.5 tentang reksadana berbentuk kontrak investasi kolektif pernyataan terbatas. Misalnya persyaratan untuk investor, pembatasan nilai minimal investasi, dan besaran nilai modal penyertaan untuk para manajer investasi (MI).

Selain itu, "Apakah MI masih boleh memasarkan KPD atau tidak, akan dijawab dalam aturan baru itu," ujar Djoko. Sebab, aturan ini memiliki ketentuan tambahan bahwa MI tidak lagi boleh mengelola dan menerbitkan produk reksadana yang tidak diatur oleh Bapepam-LK.



Ade Jun Firdaus

Tidak ada komentar: